Bukan Cuma Pantai dan Bule, Ini yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Cinta sama Bali!

Saat mendengar kata Bali, apa yang ada di pikiranmu? Apapun itu, yang pasti kamu terbayang keindahan alam Pulau Dewata dengan riuh para wisatawan asing yang singgah maupun benar-benar menetap di pulai ini kan!

Pengalaman seperti itu memang sudah tidak diragukan lagi. Tapi di sisi lain, Pulau Bali menyimpan nilai-nilai kearifan lokal yang mampu membangkitkan gairah cinta dalam negeri yang tinggi, lho. Apa saja yang bisa bikin kamu jatuh cinta sama Bali selain pantai dan bule?

Inklusivitas yang Tinggi

Sesampainya di Bali, kami bertemu dengan supir taksi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merasa betah tinggal di pulau ini karena keramahan pribumi dan nilai toleransi yang tinggi. “Kalau kita salah nggak dimarahi, tapi ditegur baik-baik,” begitu katanya sambil tertawa renyah. Setelah turun dari taksi, kami pun bergegas memasuki penginapan dan bertemu dengan pemilik homestay yang ternyata asli pribumi. Baru saja beberapa detik bertemu, sang pemilik penginapan langsung bercerita tentang indahnya Pulau Bali dan bagaimana masyarakatnya bisa hidup rukun meskipun memiliki banyak keanekaragaman.

“Di sini auranya beda, agamamu apa atau asalmu dari mana, itu ndak penting. Yang penting kita bisa sama-sama makan dan hidup dengan damai,” begitu kata Pak Gede sang pemilik penginapan.

Setelah sedikit berbincang, akhirnya kami diberi dikson sebesar 100 ribu karena menginap selama seminggu di sana dan ia pun menyuruh kami untuk beristirahat. Setelah beristirahat, kami bergegas menuju tempat makan dan bertemu dengan orang-orang pendatang yang telah lama menetap di Bali. Sama seperti supir taksi dan pemilik homestay, para pendatang ini pun lagi-lagi bercerita tentang indahnya tinggal di Bali karena keanekaragaman budaya dan agama yang bisa hidup berdampingan secara damai.

Budaya Santun dan Menghargai Akar Budaya

Nah, ini yang mungkin harus dipelajari oleh seluruh masyarakat adat di Indonesia. Selain santun karena selalu tersenyum dan mengucapkan kata terima kasih saat menerima bantuan, masyarakat Bali juga sangat menghargai akar budaya mereka. Bukan hanya akar budaya seperti tari-tarian atau ritual adat saja, tapi juga mencakup keseharian mereka dalam memperlakukan sesama manusia, makhluk lain, alam semesta, sampai mendiang para pahlawan.

Ngomong-ngomong soal pahlawan, di Bali terdapat sebuah makam pahlawan yang dinamakan Taman Pujaan Bangsa Margarana. Taman makam pahlawan ini berada di wilayah Tabanan dan merupakan objek wisata yang jarang didatangi para wisatawan domestik. Di sini, terdapat 1372 tugu pahlawan yang gugur di medan perang selama revolusi Bali tahun 1945-1950. Saat kami datang, banyak anak sekolah yang sedang melakukan operasi semut di taman makam pahlawan ini. Keren, kan?

DSC_0255_edited
Taman Pujaan Bangsa Margarana

Menghargai Nilai-nilai Sejarah

DSC_0417
Museum Bali

Selain terdapat taman makam pahlawan yang memiliki bangunan yang indah dan bersih, masyarakat Bali juga sangat menghargai nilai-nilai sejarah sehingga hampir setiap museum di sini memiliki bangunan yang mewah, benda-benda museum yang tertata apik, dan tentu saja harga tiket yang lebih mahal dibandingkan objek wisata lainnya. Sayangnya, hanya dua museum yang sempat kami kunjungi saat ke sana, yaitu Museum Renaissance Blanco dan Museum Bali. Rata-rata tiket masuk objek wisata museum di Bali adalah 25-30 ribu rupiah.

Menyayangi Binatang

DSC_0213_edited
Monyet Ekor Panjang

Hampir seluruh rumah yang kami temui di Bali memiliki binatang peliharaan, terutama anjing. Namun, binatang lain yang kami temui di beberapa objek wisata seperti pura maupun hutan adalah monyet. Bagi mereka, monyet adalah binatang suci yang merepresentasikan para punggawa yang membantu menjaga Sri Rama. Jadi, jangan heran kalau di setiap objek wisata Bali kamu bertemu dengan binatang yang satu ini!

Oleh-oleh Murah

DSC_0524_edited
Pasar Sukawati

Nah, ini juga yang bakal bikin kamu jatuh cinta sama Bali. Oleh-oleh murah! Untuk bisa mendapatkan oleh-oleh yang beraneka ragam dengan harga yang murah, kamu bisa berburu di Pasar Sukawati atau Pasar Seni Guwang Bali. Harga yang ditawarkan biasanya dua kali lipat harga asli, jadi tawar saja setengah harga!

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, apalagi sih yang bisa bikin kamu jatuh cinta sama Bali? Share, yuk!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s