Mencari Jejak Sejarah di Taman Djuanda

DSC_0071 edited 1

Taman Ir  H. Djuanda atau lebih dikenal dengan sebutan Dago Pakar merupakan wisata yang menjadi pilihan warga kota Bandung, luar kota Bandung dan wisatawan asing. Kawasan yang terletak di jalan Ir. H Djuanda ini merupakan wisata alam dan sejarah yang dapat memberikan banyak informasi bagi para wisatawan. Kawasan  ditumbuhi berbagai macam pohon hidup puluhan tahun silam, menjadikan suasan semakin nyaman dan damai, Sejuknya udara Bandung membuat penasaran untuk terus menelusuri sisi dari taman Dago Pakar tersebut dengan ketinggian 800 MDPL.

Goa-Goa dan Sejarah Bangsa

Goa Belanda

DSC_0334 EDITED
fairyandfunny photography

Goa yang dibuat masa penjajahan ini dirancang khusus sebagai saluran air pembangkit listrik pertama di Indonesia pada masa tersebut, dimasa perkembangan air sebagai sumber listrik dialirkan melalui pipa-pipa berukuran besar. Tidak hanya satu goa yang bisa ditemukan, di sebelah terowongan terdapat satu ruangan yang dijadikan sebagai tempt khusus para militer jepang untuk telekomunikasi, jauh kedalam akan mendapatkan ruang-ruang sebagai tempat introgasi para tahanan pada masa tersebut.

Goa Jepang

DSC_0071 edited 1
fairyandfunny photography

Goa Jepang di temukan pada tahun 1955 dimana sebelumnya goa tersebut terbengkalai dipenuhi semak belukar. Menurut ilmu sejarah goa tersebut diambil alih oleh tentara Jepang ketika datang ke Indonesia. pada masa itu tentara Jepang mebangun goa-goa sebagai benteng pertahanan di kota Bandung. Menurut cerita para pemandu wisata, goa tersebut dibagun dengan memperkerjakan warga Bandung secara paksa, tidak sedikit masyarakat yang menjadi korba kekerasan sampai meninggal dunia.

Hutan Sebagai Laboratorium dan Konservasi Alam

DSC_0329 edited
fairyandfunny photography

Pohon-pohon menjulang tinggi menuju pencakar langit menunjukan adanya kehidupan alami yang hidup selama puluhan bahkan ratusan tahun. beberapa pohon tersebut ditanami dan tumbuh sebagai bagain dari konservasi alam yang sengaja dibuat. Selain tempat habitat para hewan seperti burung dan monyet ekor panjang, keberadaan pohon- pohon membantu kawasan Bandung terhindar dari bencana banjir,  menjadikan kawasan resapan air cukup tinggi di jantung kota. Seperti pohon Pinus, Kaliandra, Bambu, Kayu manis tumbuh subur di hutan Ir. H Djuanda.

Petani Alam yang Baik

DSC_0378 edited
fairyandfunny photography

Di kawasan hutan Taman Dago Pakar hidup hewan mamalia, burung, tupai, ayam hutan, dan musang menjadi penghuni hutan sejak dulu, salah satunya monyet  ekor panjang. Selain penghuni hutan dan tontonan para wisatawan kala sore menjelang, monyet-monyet tersebut adalah petani yang baik. Keberadaan mereka menyebarkan biji-biji tumbuhan sebagai sumber makanannya, tumbuhlah bibit-bibit pohon baru menggantikan yang sudah tua. Bila sore tiba moyet ekor panjang akan turun gunung mencari makanan, tepatnya di rute-rute wisata, mengundang daya tarik wisatawan untuk mengabadikan dan memberinya makan.

Menunggang Kuda Keliling Hutan

DSC_0069
fairyandfunny photography

Beberapa masyarakat setempat memanfaatakan kawasan tersebut untuk mengais rejeki dengan menyewakan tunggangan kuda. Banyak dari warga yang bekerja sama dengan pihak pengelola yang terlibat dalam memajukan perekonomian masyarakat.  Menjadi pengalaman baru mengelilingi hutan sambil menunggang kuda,  rasanya seperti para pejuang dahulu dengan gagah berani melawan para penjajah.

Sungai Penghidupan Warga Bandung

DSC_0344 EDITED 2
fairyandfunny photography

Sebuah sungai panjang membentang membelah bukit mengalir sampai menuju kota. Sungai citarum dapat menjadi alternatif cadangan air bagi warga kota bandung meski pada musim kemarau debit dari sungai tersbut berkurang.

Jadi jangan tunggu lama-lama lagi untuk berkunjung ke taman Ir. H Juanda bila berkunjung ke kota Bandung. Satu hal yang harus diingatkan buanglah sampah pada tempatnya jangan samapi mengotori kawasan hutan. Karena masih banyak ditemukan sampah berserakan membuat hutan dan sungai kotor. Bila sudah kotor maka hutanpun tidak akan senyaman dan seindah yang  dibayangkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s