Pesona Gunung Batu Lembang, Sebuah Patahan yang Melegenda

DSC_0208_edited (2)

Kamu senang mendaki bukit, lewati lembah, dan memanjat batu? Enggak usah jauh-jauh dulu pergi keluar negeri. Kamu bisa mendaki, melembah, dan membatu dengan mengunjungi Gunung Batu yang terletak di wilayah Lembang.

Sesuai dengan namanya, Gunung ini memang terdiri atas bebatuan berukuran besar yang bisa membuatmu kagum, kebelet manjat, dan tentu saja memandangi keindahan alam di sekitarnya. Karena batunya yang sangat besar dan banyak, maka kamu tidak akan menemukan pepohonan rimbun seperti halnya di gunung-gunung lain. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati keindahan alam di sini, kan?

Bentukan Aliran Lava

Gunung Batu ini tidak terjadi begitu saja. Jadi, sebelum kamu datang ke sini untuk mendaki, melembah, atau membatu, kamu juga perlu tahu sedikit saja (enggak usah banyak-banyak) tentang asal-usul Gunung Batu.

Gunung ini merupakan bentukan aliran lava yang terjadi akibat letusan Gunung Sunda pada 510 ribu tahun lalu. Jika kebanyakan bentukan lava tertutup oleh tanah dan pepohonan, maka gunung ini justru tertutup oleh bebatuan.

Baca juga: Temukan Jati Diri di Ketinggian Citatah

Melihat Gunung Lain dari Puncak Gunung Batu

DSC_0170_edited (2)

Selain bisa mendaki, melembah, dan membatu, kamu juga bisa melihat gegunungan lain di puncak Gunung Batu ini. Beberapa gunung yang bisa kamu lihat di antaranya adalah Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang, Gunung Putri, Gunung Palasari, dan Gunung Bukitunggul.

Kamu yang senang melihat keindahan alam sambil memacu adrenalin, bisa sekalian melakukan olahraga panjat tebing (baik dengan menggunakan alat panjat maupun tidak). Tapi, pastikan kamu sudah melakukan prosedur keamanan dengan baik, ya.

View Kota Bandung

DSC_0192_edited (2)

Bukan hanya di wilayah Punclut saja kamu bisa melihat view Kota Bandung. Di puncak Gunung Batu ini juga kamu bisa melihat keindahan Kota Bandung layaknya kunang-kunang di Manhattan. Jika ingin melihat pemandangan yang menawan, lebih baik tunggu sampai malam di sini supaya kamu bisa melihat nyala kota yang berkelip-kelip seperti kunang-kunang itu.

Pendeteksi Gempa Bumi

DSC_0177_edited (2)

Selain menemukan keindahan sambil memacu adrenalin, kamu juga perlu tahu kalau di Gunung Batu juga terdapat sebuah ruangan kecil yang digunakan sebagai pendeteksi gempa bumi. Tempat ini dikelola oleh Badan Geologi untuk mengetahui adanya getaran yang diakibatkan oleh Gunung Tangkuban Parahu. Itulah sebabnya kamu tidak perlu khawatir Gunung Tangkuban Parahu akan meletus tiba-tiba karena sudah ada tim yang siap memberikan warning dan mengevakuasi penduduk sebelum terjadinya gempa dan letusan.

Jadi, sudah siap untuk menikmati indahnya patahan Lembang yang satu ini?

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Sanghiang Tikoro

Advertisements

2 Replies to “Pesona Gunung Batu Lembang, Sebuah Patahan yang Melegenda”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s