Inilah Makna Sebuah Kehilangan yang Tidak Pernah Kamu Sadari Hei, Traveller!

film wild

Oleh : DA

Kamu merasa dirimu tangguh dan bisa menghadapi berbagai ujian? Nonton dulu film tentang travelling berikut ini, deh. Film Wild merupakan salah satu film yang dimainkan oleh Reese Witherspoon sebagai Cheryl si gadis petualang yang putus asa karena ibunya telah meninggal. Setelah menghadapi berbagai ujian dan tantangan, Cheryl pun kemudian memutuskan untuk melakukan perjalanan yang pada akhirnya, ia pun menemukan sebuah makna.

Wait, ini bukan sebuah review film. Ini hanya cerita. Cerita tentang sebuah luka. Sebuah kehilangan. Sebuah perjalanan.

Sebuah Luka untuk Hati

Setiap orang tentu pernah mengalami luka hati, dari mulai kehilangan kekasih, pacar, suami, sampai kehilangan hal terkecil sekalipun. Film ini juga bercerita tentang kehilangan, yakni saat Cheryl kehilangan sang Ibu akibat penyakit yang dideritanya. Sepeninggal sang Ibu, Cheryl yang selama ini selalu dekat dengannya dan bergantung pada sang ibu mengalami luka hati yang sangat besar sehingga ia memutuskan untuk melakukan hal-hal buruk seperti menggunakan heroin sampai melakukan seks bebas. Di tengah kekacauan ini, dia pun menemukan sebuah gambar cover buku yang menginspirasinya untuk melakukan perjalanan ke Pacific Crest Trail (PCT) sepanjang 1000 mil.

Oh iya, ngomong-ngomong soal kehilangan, fairyandfunny juga pernah berbagai kan melalui cerita Sakagawea. Yup, perasaan kehilangan itu sepertinya memang tidak bisa begitu saja diabaikan. Bahkan pada saat saya kehilangan Sakagawea 2012 lalu, saya juga berpikir tentang hal yang sama dengan Cheryl. Saya juga berpikir untuk mengonsumsi obat-obatan, berpikir untuk menentang tuhan, berpikir untuk melakukan hal imoral, sampai akhirnya saya merasakan kehilangan yang lebih dahsyat lagi.

Dari Hilang Satu, Kamu Temukan Kehilangan Lainnya

Saat kehilangan seseorang yang dicintai, kebanyakan orang melakukan hal terburuk yang pernah mereka lakukan seumur hidupnya. Saat inilah orang itu akan sampai pada tahap kehilangan terbesar dalam hidupnya, yaitu kehilangan Tuhan dan kehilangan diri sendiri. Inilah yang terjadi pada Cheryl, pada saya, pada kita semua.

Sama seperti yang terjadi pada film Wild ini, saya pun mengalami kehilangan serupa. Saya kehilangan Sakagawea, saya kehilangan pasangan saya (karena menganggap ia tidak bisa membantu apapun selama saya merasa sedih dan tertekan), saya kehilangan Tuhan (karena menganggap Dia tidak adil), dan saya kehilangan diri saya sendiri (karena saya tidak tahu ke mana harus meneruskan perjalanan hidup).

Gugur Satu Tumbuh Seribu

Dalam film ini, Cheryl mengalami perjalanan yang panjang, lucu, menyedihkan, mengecewakan, sampai akhirnya ia menemukan teman-teman baru di dalam perjalanannya. Ia menemukan lingkungan baru yang membuatnya bisa tersenyum, tertawa, dan tetap mengingat sang Ibu.

Ini pulalah yang terjadi pada saya. Setelah kehilangan anak, Tuhan, dan diri saya sendiri, saya kemudian memutuskan untuk melakukan perjalanan ke beberapa tempat di Indonesia. Salah satunya adalah Pantai Pasir Putih Banten. Di sinilah saya duduk sendiri, merenung, menangis, berteriak, marah, dan mempertanyakan keadilan Tuhan.

DSC_0225_edi

Setelah itu, saya bergegas untuk mengunjungi tempat-tempat lainnya untuk menghilangkan luka paling mendalam itu. Lalu keajaiban pun datang, saya punya teman-teman baru yang mendukung saya, saya punya β€˜rumah’ baru untuk bisa tinggal dan beristirahat dari segala persolan hidup, dan saya seperti kembali menemukan diri saya sendiri.

Pencerahan pun Dimulai

Dalam perjalanan setelah kehilangan ini, kamu akan menemukan sesuatu yang dirasa mampu mencerahkanmu. Mungkin inilah yang dinamakan pencerahan. Dalam film Wild ini, Cheryl menemukan berbagai macam cerita hingga ia sampai pada tahap pencerahan yang mampu membuatnya kembali merindukan Tuhan. Kembali menemukan cinta, kembali menemukan dirinya sendiri.

Sama seperti saya yang setelah dua tahun menempa hidup dari satu tempat ke tempat lainnya, saya menemukan pencerahan. Saya menemukan bahwa Tuhan telah menguatkan saya dengan berbagai kehilangan, Tuhan telah membahagiakan saya dengan berbagai cerita dalam perjalanan, dan Tuhan telah membuat saya menemukan kembali arti cinta pada pasangan yang masih setia menunggu dan menjaga saya selama ini.

Sampai Akhirnya Kamu Temukan: Inilah Hidup!

Pada akhirnya, perjalanan mengajarkan bahwa kehilangan adalah bagian dari kehidupan. Tanpa kehilangan, kamu tidak akan pernah menemukan. Tanpa kehilangan, kamu tidak akan pernah merasakan sakit dan bahagia. Tanpa kehilangan, kamu tidak akan pernah tahu bahwa ada banyak tempat yang bisa menjadi rumah singgahmu, ada banyak orang yang bisa menjadi teman hidupmu, dan ada banyak doa yang bisa menjadi kekasih hidupmu.

Inilah akhir perjalanan Cheryl, saya, dan tentu saja kita semua. Sebab hidup untuk dijalani, bukan untuk diratapi dan disesali. Sebab inilah hidup. Mau lihat cuplikan filmnya? Ini:

Selamat menikmati hidup!

Advertisements

8 Replies to “Inilah Makna Sebuah Kehilangan yang Tidak Pernah Kamu Sadari Hei, Traveller!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s