Sebelum ke Situ Gunung, Kamu Wajib Tahu 7 Hal Ini!

Situ Gunung

Siapa di antara kamu yang masih suka kebingungan cari tempat refreshing? Situ Gunung yang terletak di wilayah Desa Kadu Dampit Cisaat Sukabumi ini sangat pas untuk dijadikan sebagai objek wisata akhir pekan untuk kamu yang tidak punya banyak waktu, tidak punya banyak uang, tapi ingin menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan alam.

Kamu yang hobi travelling pasti sudah tidak asing lagi kan dengan objek wisata yang satu ini? Selain pemandangan yang indah serta jarak yang tidak terlalu jauh untuk ditempuh dari wilayah Ibu Kota dan Jawa Barat, kamu juga bisa menikmati hal-hal menakjubkan. Tapi sebelum itu, kamu wajib tahu 7 hal berikut ini.

Bukan Danau Buatan

Beberapa waktu lalu, tersiar kabar bahwa Situ Gunung merupakan danau buatan yang sengaja dibuat oleh masyarakat setempat untuk dinikmati sebagai objek wisata. Namun pada kenyataannya, Situ Gunung ini merupakan danau alami yang berada di tengah hutan tropis dengan udara yang cukup sejuk (bahkan bisa dibilang dingin) dengan luas kurang lebih sebesar 10 hektar.

5 Tegal yang Jarang Diketahui

Di kawasan Situ Gunung ini, kamu yang hobi jalan-jalan di alam bisa juga menyusuri jalur-jalur yang terdapat di dalamnya. Jalur-jalur tersebut adalah Tegal Bagedor (hutan pakis), Harendong (yang terdiri atas hutan belukar), Tegal Tepus (kawasan tempat tanaman jahe), Bungbuay (kawasan tempat rotan badak), dan Tegal Arben (kawasan pohon robus).

Tarif Paparahuan

Paparahuan alias berkeliling Situ Gunung dengan menaiki perahu merupakan salah satu kegiatan yang tidak pernah dilewatkan oleh para pengunjung kawasan objek wisata yang satu ini. Untuk bisa berkeliling danau, kamu tinggal menemui tukang perahu yang berada di tepi danau dan mengeluarkan uang sebagai tarif berkeliling seharga 10 ribu per orangnya. Namun, jika kamu punya kegiatan lain seperti foto pre wedding, membuat video, atau kegiatan lainnya, kamu akan dikenakan tarif sebesar 350 ribu per perahunya.

Tempat Pemancingan

Kawasan Situ Gunung ini juga merupakan daerah yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat untuk mencari ikan. Mereka biasanya melakukan kegiatan memancing di ujung danau. Jadi, untuk kamu yang hobi memancing pasti tidak mau melewatkan kegiatan yang satu ini, kan?

Camping di Tanah Kita

Sebelum memasuki wilayah Situ Gunung, kamu akan menemui sebuah kawasan perkemahan yang disebut dengan Tanah Kita. Di sini, kamu bisa melewatkan malam sambil menikmati suasana malam di hutan tropis. Jika ingin nge-camp tanpa harus bawa peralatan pribadi, kamu bisa menyewa peralatan seperti tenda, sleeping bag, dan lain-lain dengan harga 500 ribu per orang dengan jumlah minimal tiga orang.

Ada Cottage Juga, lho!

Kamu yang malas berdingin-dingin ria di kawasan ini, bisa juga memilih untuk menghabiskan malam dengan menginap di cottage yang telah disediakan di sekitar danau. Biaya yang diperlukan hanya sebesar 400 sampai 600 ribu rupiah per malamnya.

Akses Masuk

Akses masuk ke Situ Gunung juga sangat mudah. Jika kamu naik angkutan umum, maka kamu bisa turun di kawasan Cisaat, lalu meneruskan perjalanan dengan menaiki ojek seharga 25 ribu per sekali jalan. Sementara itu, jika kamu naik mobil pribadi, kamu bisa langsung masuk ke kawasan Situ Gunung dan parkir di lahan yang telah disediakan.

Tunggu apa lagi, jalan-jalan murah meriah tapi memuaskan ya ke Situ Gunung aja! Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungannya dan tidak membuang sampah sembarangan, ya…

Always alive, Guys!

Advertisements

4 Replies to “Sebelum ke Situ Gunung, Kamu Wajib Tahu 7 Hal Ini!”

    1. Silakan dicoba untuk datang ke sini, mau sambil menikmati air terjun juga bisa.
      Ajak teman-teman sambil open trip minimal 5 orang boleh. πŸ™‚ harga bisa via email.

      Salam kenal juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s