Mau ke Niagara? Kunjungi Curug Malela Aja!

IMG_20141012_093313_ED Berbicara soal air terjun Niagara, pasti yang terbayang di pikiran setiap orang adalah air terjun terbesar di seluruh dunia. Tapi, kamu yang belum sempat atau belum punya cukup ‘bekal’ untuk datang ke air terjun Niagara, bisa mencari alternatif lain yang tidak kalah seru dan memuaskan mata dan hati para traveller Salah satu alternatif yang baru-baru ini kami kunjungi adalah air terjun yang terdapat di kawasan Gunung Halu Bandung Barat, yaitu Curug Malela.

Asal Mula Nama Malela

Menurut masyarakat setempat, nama curug ‘Malela’ ini diambil dari nama seorang tokoh yang mendirikan perguruan silat Tadjimalela, yaitu Eyang Malela.  Di tempat ini, Eyang Malela berlatih ilmu bela diri dan kemudian mengajarkan ilmunya kepada banyak murid. Selain itu, di lereng sebelah kanan curug terdapat makam Eyang Malela.

Lima Jalur Curug

Curug yang memilki ketinggian kurang lebih 60-70 meter ini mempunyai lima jalur air terjun yang oleh masyarakat setempat dianggap sebagai simbol salat lima waktu dalam ajaran agama Islam. Hal ini juga dikaitkan juga dengan adanya hubungan antara bela diri dengan proses penyebaran agama Islam di Tatar Sunda.

Habitat Capung Jarum

IMG_20141012_151607_ed Selain mendapatkan keindahan alam yang setara dengan keindahan air terjun Niagara, kamu juga bisa mendapatkan keindahan lainny di tempat ini. Keindahan tersebut bisa diperoleh dari banyaknya capung jarum yang hinggap di daerah ini. Capung yang termasuk ke dalam ordo Odonata ini banyak beterbangan di sepanjang aliran Sungai Curug Malela. Jadi, kamu yang hobi travelling sambil fotografi bisa menjadikan capung sebagai objek fotomu juga, kan?

Hidden Object

Selain mendapatkan pengalaman seru bermain air dan mencari objek fotografi berupa binatang capung, kamu yang senang dengan teka-teki bisa juga bermain untuk menemukan bentuk-bentuk wajah atau binatang dari bebatuan yang membentuk relief di sekitar Curug Malela ini.

Gowes Malela

Salah satu tantangan baru yang bisa dilakukan oleh para traveller adalah menjangkau Curug terbesar se-Bandung Barat ini dengan menggunakan sepeda. Kamu bisa melakukan gowes Malela dengan sensasi downhill dari tempat parkir menuju Curug Malela sejauh 700 meter. Nah, buat kamu yang hobi jalan-jalan, fotografi, dan main sepeda bisa langsung datang ke tempat ini. Jika kesulitan menjangkaunya, silakan hubungi fairyandfunny untuk trip mewah dengan budget murah meriah. Always alive!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s