5 Jawaban di Balik Misteri Halloween

Kamu pasti tahu kana pa itu Halloween? Yup, tradisi perayaan yang biasa dilakukan pada tanggal 31 Oktober dan kebanyakan dirayakan doleh masyarakat Amerika Serikat. Tapi, tahukah kamu awal mula perayaan ini dan apa saja misteri yang ada di baliknya?

Trick or Treat!

Tradisi ini sebenarnya berawal dari Irlandia yang bermemigrasi ke Amerika Utara dengan kebiasaan memakaian kostum seram pada anak-anak, dan membiarkan anak-anak tersebut berkeliling dari satu pintu rumah ke pintu rumah yang lain untuk mendapatkan permen atau cokelat, sambil berucap “Trick or treat!”

Ucapan tersebut sebenarnya merupakan ancaman yang dilakukan oleh anak-anak jika para tuan rumah tidak memberi mereka permen atau cokelat. Sebagian besar anak-anak tersebut akan menjahili tuan rumah dengan cara menghiasi pohon rumah menggunakan tisu toilet atau mengotori jendela rumah dengan sabun.

Pesta Pagan

Halloween merupakan festival samhain (Bahasa Irlandia Kuno) yang dirayakan oleh Kelt zaman dulu sebagai perayaan akhir musim panen kebudayaan Gael atau bisa juga disebut Tahun Baru Kelt. Nah, orang-orang Gael ini memiliki paham paganism secara turun-temurun dan menggunakan festival sebagai kesempatan untuk menyembelih hewan ternak serta menimbun makanan sebagai persiapan di musim dingin.

Pembatas Orang Hidup dan Mati

Orang-orang Gael tersebut percaya bahwa pada hari Halloween, pembatas antara orang hidup dengan orang mati terbuka sehingga orang mati dinilai berpotensi untuk menularkan penyakit dan merusak hasil panen orang yang hidup. Pada saat itu pula masyarakat Gael menyalakan api unggun dan membakar tulang-tulang hewan yang sudah disembelih, serta memakai kostum dan topeng yang menyeramkan agar bisa dianggap sebagai arwah jahat yang berdamai dengan arwah betulan.

All Hallows Even

Kata ‘halloween’ sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari ‘All hallows’n even’ yang berarti ‘malam kudus’.

Labu Halloween

Labu sebagai simbol Halloween dibentuk secara menyeramkan dengan nama Jack o’ lantern dan biasa diletakkan dengan lilin menyala agar terlihat lebih seram. Labu ini biasanya disimpan di depan pintu masuk rumah setelah hari mulai gelap.

Simbol tersebut sebenarnya merupakan gambaran keadaan alam saat musim gugur. Simbol-simbol Halloween sangat erat dengan nuansa kematian, menyeramkan, keajaiban, dan monster sebagai ‘kepura-puraan’ memanipulasi arwah jahat yang sebenarnya.

Advertisements

One Reply to “5 Jawaban di Balik Misteri Halloween”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s