Menguak Rahasia Besar Situs Guha Pawon

Camera360_2014_10_4_035030_jpg_edited

Guha Pawon atau Gua Pawon merupakan sebuah tempat bersejarah yang wajib diketahui oleh masyarakat Sunda. Di tempat ini, pernah ditemukan kerangka manusia purba yang dianggap sebagai nenek moyang orang Sunda. Situs purbakala yang berada di Desa Gunung Masigit Cipatat Padalarang ini terletak sekitar 25 Km dari arah Kota Bandung.

Meskipun dianggap memiliki nilai historis yang tinggi, namun tempat ini tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti halnya objek wisata di Padalarang lainnya. Hanya saja, tidak semua orang tahu bahwa Situs Guha Pawon ini memiliki misteri dan sejarah yang bernilai tinggi.

Udara yang Sejuk

Camera360_2014_10_4_041902_jpg_edited

Saat melihat situs dari luar, mungkin kamu akan berpikir bahwa di dalam terasa panas. Namun, setelah memasuki labirin pertama, kamu justru akan merasa sejuk dan dingin. Semakin dalam kamu memasuki labirin-labirin gua, maka udara akan semakin dingin.

Labirin dan Kuburan Manusia Purba 7000 Tahun

WP_20141004_025_edited

Gua ini memiliki luas sebesar 300 meter persegi dengan beberapa labirin yang harus dilalui untuk bisa menikmati lubang gua terdalam. Labirin-labirin yang harus kamu lalui jika ke tempat ini akan mempertemukanmu dengan kuburan tempat manusia Bandung purba berada. Di tempat inilah kamu akan melihat replika kerangka manusia purba yang kerangka aslinya sudah diamankan di kantor Balai Arkeologi Bandung. Kerangka tersebut ditemukan pada tahun 2003 dan diteliti kembali hingga tahun 2009 dengan simpulan berupa usia kerangka berkisar 7000 tahun lamanya.

Budaya Penguburan Manusia Bandung

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan tim arkeolog, manusia purba ini diperlakukan dengan dua cara saat telah menjadi mayat. Pertama, mayat manusia purba itu diletakkan di atas tanah dengan posisi meringkuk seperti halnya janin. Kedua, mayat ditempatkan dengan posisi lurus di atas tanah. Setelah membusuk, kerangka yang tersisa kemudian dilumuri butiran tanah merah (hematit) dan dikubur.

Penuh Kelelawar

WP_20141004_021_edited

Saat masuk ke situs gua ini, kamu akan mencium bau tak sedap yang diakibatkan oleh kotoran kelelawar yang ada di dalam. Namun jangan khawatir, bau tersebut tidaklah berbahaya untuk kesehatan sehingga kamu hanya perlu menggunakan masker sampai akhirnya masuk ke labirin paling dalam tempat penyimpanan kerangka manusia purba.

Dapur Dayang Sumbi

Mitos yang beredar di masyarakat adalah Guha Pawon ini merupakan dapur yang digunakan oleh Dayang Sumbi untuk memasak. Hal ini dinilai berdasarkan kata pawon yang berarti ‘dapur’. Namun setelah diteliti lagi, kata pawon tersebut lebih masuk kepada pengertian konotatif mengenai uap yang keluar karena adanya batuan kapur yang terkikis atau terkena air sehingga mengeluarkan asap seperti halnya ketika manusia sedang memasak.

Nah, sudah tahu kan Situs Guha Pawon itu isinya apa saja. Ada yang berminat untuk datang ke sini?

Advertisements

2 Replies to “Menguak Rahasia Besar Situs Guha Pawon”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s