Pelajaran Awet Muda dari Abah Sang Pedagang Asongan

Akhir September lalu, fairyandfunny mendapat kesempatan untuk bisa jalan-jalan ke Sukabumi. Salah satu tempat wisata yang kami kunjungi adalah Selabintana. Pemandangan indah yang kami temui tentu membuat kami puas dan betah berlama-lama di sana.

Namun, ada satu kejadian mengejutkan dan juga berharga dari perjalanan ini. Saat kami bertemu dengan seorang pedagang kaki lima yang usianya sudah hampir menginjak 70 tahun, sang pedagang yang kami sapa “Abah” ini berkata dalam Bahasa Sunda, “Terang teu ubarna awet ngora naon?” yang artinya “tahukah kamu apa yang bisa membuat orang awet muda?”

Seketika, kami terdiam dan tersenyum karena mengetahui kalau pertanyaan tersebut merupakan sebuah retorika yang nanti dijawabnya sendiri.

Beberapa detik kemudian, Abah pun menjawab bahwa satu-satunya hal yang bisa membuat manusia awet muda adalah bersyukur. Dengan bersyukur, segalanya akan terlihat dan terasa indah sehingga yang nantinya dirasakan hanyalah kebahagiaan.

Abah mah tiasa nyakolakeun budak nepi ka SMA sanajan ngan icalan kieu oge. Nu penting mah bersyukur jeung yakin Gusti mah Maha uninga.” (Abah bisa menyekolahkan anak sampai SMA meskipun hanya berjualan seperti ini. Yang penting adalah bersyukur dan yakin kalau Tuhan Mahatahu)

Sore itu, pemandangan indah di Selabintana mulai meredup karena hari sudah mulai gelap. Tapi pelajaran tentang keindahan hidup dengan bersyukur menjadi pelajaran penting tentang cinta dan kasih sayang Tuhan yang tidak mungkin terlupakan. Terima kasih Abah!

Advertisements

4 Replies to “Pelajaran Awet Muda dari Abah Sang Pedagang Asongan”

  1. salut banget sama pedagang-pedagang kecil kaya mbah ini , hidupnya penuh bersyukur padahal dalam sehari mereka (pedagang asongan/kecil/dipasar) belum tentu untung , berbanding terbalik sama kaum buruh/karyawan yang tiap tahun minta naik gaji terus , ujung-ujungnya gak nyukup terus tu duit gaji bulanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s