5 Pelajaran Penting yang Bisa Kamu Ambil Selepas Travelling

Bagi traveler, perjalanan merupakan hal yang mengasyikkan sekaligus menantang. Kamu mungkin akan merasa senang setelah mengunjungi tempat-tempat unik dan melihat berbagai pemandangan indah. Namun, ada yang lebih penting dari sekadar itu. Kamu juga akan mendapatkan pelajaran penting dari sebuah perjalanan.

Bersabar

Pernah melakukan perjalanan ala backpacker? Jika iya, mungkin kamu sering menemukan kendala yang mengharuskanmu untuk bersabar. Saat mengantre karcis kereta yang paling murah, saat menaiki bis yang penuh sesak, saat harus bersempit-sempit ria di dalam mobil omprengan, atau bahkan saat kamu harus mengeluarkan bahasa tubuhmu ketika berkomunikasi dengan kernet bis. Hal-hal itu tentu akan membuatmu tidak sabar, geram, bahkan marah. Tapi seiring berjalannya waktu, kamu akan mengetahui bahwa hal-hal tersebut bukan hanya bumbu perjalanan, melainkan juga pelajaran penting mengenai kesabaran.

Berbagi

Dalam kehidupan yang rutin kamu jalani, mungkin sikap individual adalah sesuatu yang wajar. Tapi dalam perjalanan, kamu akan memahami bahwa kamu juga membutuhkan orang lain. Saat ban mobil, motor, atau sepedamu bocor dan tidak ada bengkel di dekat situ, siapa yang akan membantumu kalau bukan orang-orang yang kamu temui di perjalanan? Itulah sebabnya kamu membutuhkan perjalanan karena hal itu mengajarkanmu untuk berbagi.

Bersyukur

Selama bekerja, mungkin kamu disibukkan oleh pekerjaan sehingga melupakan cara bersyukur yang paling mudah sekalipun. Namun dengan perjalanan, kamu akan melihat berbagai hal yang menyenangkan, menyedihkan, mengejutkan, dan mencengangkan sehingga kesemua hal itu membuatmu bersyukur pada akhirnya.

Berbudaya

Budaya dan adat istiadat tiap tempat tentu berbeda-beda. Dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat, kamu akan mengenal budaya lain yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Dengan begitu, kamu juga akan menjadi manusia yang lebih berbudaya dan meninggikan kebudayaan asalmu sendiri.

Hidup

Pelajaran terakhir ini mungkin tidak akan kamu sadari sepenuhnya. Bahkan banyak juga orang yang mengenali pelajaran ini di akhir episode perjalanan. Dengan menemui berbagai tempat, orang, dan karakter di dunia, maka kamu juga belajar tentang hidup. Belajar tentang cinta dan kasih sayang, belajar tentang pertemuan dan perpisahan, dan tentu saja belajar mengenai keindahan Tuhan yang telah menciptakan segala sesuatu dengan indah dalam hidupmu. Selamat memetik pelajaran penting saat traveling!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s