Pengen Panjang Umur Nggak Harus Mahal

Belakangan ini, masyarakat Indonesia sedang mengenal cara hidup sehat dan menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup yang popular. Hal tersebut bisa disebabkan oleh meningkatnya konsumsi makan cepat saji yang berdampak pada kesehatan sehingga masyarakat ingin kembali memenuhi pola makan yang sehat.  Soal makanan, orang Indonesia zaman dahulu telah menerapkan pola makan sehat.  Terbukti banyak makanan asli Indonesia dengan bahan utama sayuran, seperti beberapa makan asli Indonesia dengan bahan utama makanan berikut ini:

Pecel

Pecel adalah makan khas  Jawa timur dengan saus kacang yang dikombinasikan dengan beberapa sayuran rebus.  Bahan-bahan sayuran tersebut di antaranya adalah kacang panjang, mentimun, tauge, daun kemangi, dan daun singkong serta sayuran lainnya sesuai dengan selera. Sementara itu, bumbu pecel terbuat dari campuran beberapa bahan seperti kacang tanah, garam, cabai merah, kencur, daun jeruk purut, bawang putih,  dan asam jawa. Bumbu pecel memiliki tekstur kacang lebih kasar dibandingkan dengan bumbu-bumbu kacang lainnya.

Karedok

karedok khas Sunda

Karedok adalah makanan khas Sunda, Jawa Barat. Makanan ini merupakan makanan yang terdiri atas bahan sayuran mentah seperti mentimun, terong, kacang panjang, tauge, kol, dan daun kemangi.  Sementara itu, bumbu kacang terbuat dari garam, cabai merah, kacang tanah, kencur, asam jawa, gula merah, dan tambahan terasi.

Lotek

Lotek Khas Sunda

Lotek adalah makanan khas Sunda yang mirip dengan pecel, yaitu makanan dengan bahan utama sayuran yang telah direbus lalu disiram dengan bumbu kacang. Namun ada perbedaan antar pecel dengan lotek.  Biasanya lotek tidak menggunakan daun singkong dan tekstur kacangan lebih halus. Selain itu, bumbu kacang pada lotek ditambahkan gula merah dan terasi sehingga terasa lebih manis ketimbang pecel. Lotek juga menggunkan tempe. Biasanya lotek disantap dengan tambahan lontong atau nasi putih.

Gado-gado

Gado-gado khas Betawi

Gado-gado adalah makanan khas Betawi. Makanan ini tidak jauh berbeda dengan pecel dan lotek. Namun yang mebedakannya, gado-gado menggunakan irisan telur serta tahu dan kentang rebus bersama beberapa sayuran rebus. Gado-gado dapat dinikmati dengan lontong dan nasi panas dengan emping atau kerupuk udang yang menambah cita rasa berbeda.

Sekarang tahu kan kenapa orang zaman dulu itu kuat-kuat dan berumur panjang? Lihat saja makanannya, hampir semua bahan makanan yang sudah disebutkan di atas dibuat dari bahan sayuran yang kaya akan vitamin dan protein. Selain bisa hidup sehat, murah, dan enak, kamu juga bisa mendapatkannya dengan cara yang mudah. Bahkan jika kamu memasaknya sendiri, pembuatannya juga sangat mudah. Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s