Jangan Cuma Selfie Saat Berkunjung ke Kota Tua!

Kantor Gubernur Jendral VOC jaman Kolonial, gedung ini sekarang menjadi Museum Kota jakarta

‘Ke Jakarta aku kan kembali’  penggalan lirik lagu miliki band Koes Plus tersebut mengingatkan hiruk-pikuk kota yang tidak pernah ada matinya. Di balik panas dan kemacetannya, Kota Jakarta juga menyimpan sejarah pembangunan kota. Salah satu wilayah yang menjadi saksi bisu lahirnya Kota Jakarta saat ini adalah Kota Tua. Tanggal 7 September 2014 kemarin, fairyandfunny menyusuri bangunan-bangunan tua yang masih berdiri tegak menarik perhatian wisatawan untuk dikunjungi. Yang perlu kamu tahu adalah bukan cuma selfie yang bisa kamu lakukan di tempat ini, tapi ada beberapa hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di sini.

Naik Sepeda Ontel

berkeliling dengan sepeda ontel

Bagaimana rasanya berkeliling kota bersejarah dengan menggunakan sepeda ontel? Kita sebagai manusia yang hidup di abad modern ini tetap bisa merasakan kenikmatan mengayuh sepeda tua itu hanya di Kota Tua. Kamu cukup membayar sewa sepeda tersebut dengan harga 15 ribu rupiah saja. Selain berkeliling wilayah Kota Tua dengan menggunakan sepeda ini, kamu juga bisa menggunakan aksesoris yang biasa digunakan para none Belanda di zaman Kolonial. Bukan hanya itu, sepeda ontel ini juga lebih menarik lagi dengan berbagai warna cerah seperti merah, biru muda, kuning, orange, hijau, dan warna-warna lainnya.

Berpose dengan Ondel-ondel

ondel-ondel, Ikon kota Jakarta

Bila belum pernah melihat lebih dekat bagaimana besar dan bentuk asli ondel-ondel, kamu bisa menemukannya di Kota Tua. Ondel-ondel tersebut tidak dimainkan seperti biasanya, melainkan hanya digunakan sebagai pajangan untuk wisatawan yang ingin berfoto bersama. Tidak dikenakan tarif yang besar untuk bisa berpose dengan ondel-ondel. Kamu cukup merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah.

Membaca Buku di Perpustakaan Taman Fatahillah

aktivitas membaca di Perpustakan Taman Fatahillah

Perpusatakan Taman Fatahillah yang disediakan oleh pengelola Museum Fatahillah merupakan upaya untuk meningkatkan minat baca dan sebagai sarana pengetahuan bagi pengunjung Kota Tua. Kamu bisa menemukan berbagai jenis buku, dari mulai ensiklopedia Jakarta sampai buku hiburan untuk anak. Perpustakaan ini buka dari pukul 09.00-17.00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu.

Hunting Objek Fotografi

meriam yang digunakan pada masa kolonial

Untuk kamu yang mencintai dunia fotografi, Kota Tua  bisa menjadi objek fotografi menarik dengan angle yang cukup banyak dan bervariasi. Mulai dari lokasinya yang luas dan penuh dengan banyak orang, gedung-gedung tua yang masih menyimpan nuansa arsitektur yang historis, sampai pasar rakyat yang ada di sekitarnya. Tentu, objek-objek tersebut bisa jadi ladang pengetahuan untuk kamu yang hobi berburu sejarah.

So Guys, kalau kamu punya waktu untuk mampir ke Kota Tua, jangan lupa temukan berbagai keunikan di dalamnya dan penuhi kebutuhan pengetahuanmu dengan berbagai informasi yang kaya akan sejarah di sana. Selamat jalan-jalan!

Advertisements

One Reply to “Jangan Cuma Selfie Saat Berkunjung ke Kota Tua!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s