Tenggelam Demi Mencari Umpan Ikan Berod

 

Aktivitas memancing membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan ikan, selain itu memerlukan ketelatenan dalam memilih tempat pemancingan dan umpan. Kegiatan memancing ikan bukan hanya di kolam saja, tapi juga di wilayah laut, danau, dan sungai dengan lokasi yang menantang. Seperti yang fairyandfunny temukan di daerah Tomo Sumedang arah Cirebon, para pemancing di aliran sungai Cimanuk melemparkan mata pancing sejauh mungkin untuk mendapatkan ikan.

Ikan Berod

Ikan Berod

Penduduk setempat menamai ikan tersebut Berod. Jenis ikan yang hidup di sepanjang aliran Sungai Cimanuk tersebut menyerupai belut sawah dengan kepala mirip kuda laut. Ikan tersebut memiliki sisik tajam di sepanjang punggungnya. Untuk melepaskan ikan dari mata pancing harus menggunakan kain agar tangan tidak terkena duri tajam. Panjang ikan berod bisa mencapai 60 cm dengan besar mencapai tangan orang dewasa.

Cacing Cadas

cacing cadas, hidup di lumpur keras dibawah aliran sungai

Cacing cadas adalah umpan yang digunakan untuk menangkap ikan berod. Bentuk dari cacing cadas tersebut seperti semut dengan capit di mulutnya. Ukurannya lebih besar dari semut rangrang, berwarna putih keabu-abuan.

Pancingan

pancingan dan aliaran sungai Cimanuk

Keunikan dari pancingan yang digunakan para pemancing Sungai Cimanuk adalah terdapat lonceng yang akan berbunyi semakin cepat untuk menandakan ikan berod telah memakan umpannya.

Umpan

salah seorang pemancing yang sedang mencari cacaing cadas

Untuk mendapatkan cacing cadas sebagai umpan ikan berod, para pemancing harus bersusah payah mendapatkannya. Dengan cara menenggelamkan diri di sekitar tepian sungai, dengan menggunakan golok sebagai penyungkil lumpur keras yang ada di dasar sungai.

Selain bisa menikmati para pemancing ikan berod, kamu juga bisa menikmati waktu istirahat selama perjalanan menuju kota Cirebon. Kamu bisa menemukan banyak saung jajanan dengan harga yang relatif murah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s