Senjata di Balik Mendunianya Batik

Batik
Batik

Modernitas tidak membuat batik tenggelam dari peradaban. Sebaliknya, batik justru menjadi ciri bangsa Indonesia yang patut dibanggakan. Batik dulunya banyak digunakan oleh kaum perempuan sebagai samping  yang dipadukan dengan kebaya. Di luar dari fashion batik yang mendunia, pembuatan batik tidak luput dari peralatan dan bahan yang masih bersifat tradisional. Kali ini, fairyandfunny akan berbagi pengalaman mengujungi daerah Trusmi sebagai sentral perajin batik di Kota Cirebon.

Kain Mori

contoh kain Katun atau kain mori
contoh kain Katun atau kain mori

Bahan katun atau sering disebut kain Mori merupakan kain berwarna putih yang terdiri atas beberapa kualitas. Kualitas kain tersebut dilihat dari kehalusan dan kerapatan benangnya. Semakin rapat benang dan halus, maka semakin baik kualitas batik yang dihasilkan.  Biasanya kain batik mempunyai ukuran lebar  kurang lebih 80 cm dengan panjang 1,5 m.

Alat gambar

Pengaris,pensil, dan penghapus merupakan alat gambar yang digunakan untuk membuat motif pada kain  sebelum akhirnya dilakukan pembatikan dengan menggunakan cairan lilin/malam.

Gawangan

Gawangan berbentuk seperti gawang sepak bola terbuat dari kayu atau bambu. Gawangan digunakan untuk meletakkan kain saat akan dibatik. Selain itu, gawangan dapat dipindahkan sesuai dengan keinginan pembatik.

Bandulan

Bandulan adalah alat pemberat yang dikaitkan pada kain agar tidak bergeser atau tertiup angin pada saat proses membatik. Bandulan tersebut terbuat dari bahan logam, kayu ,dan bambu.

Canting

Canting, alat untuk menggambar batik
Canting, alat untuk menggambar batik

Ini adalah senjata utama dalam pembuatan batik tulis yaitu canting. Canting terbuat dari beberapa bahan seperti tembaga, kayu atau bambu. Dengan Canting, pembuat batik bisa menggambar motif batik dengan cairan lilin atau malam panas. Gagang, cucuk, dan  nyamplung merupakan bagian dari canting. Gagang terbuat dari kayu atau bambu berfungsi sebagai pegangan, nyamplung berbentuk ruang untuk menampung cairan lilin atau malam panas, dan cucuk  berbentuk seperti ujung kran air sebagai saluran untuk keluarnya cairan lilin. Ada beberapa bentuk canting, yang digunakan sesuai kebutuhannya.

Lilin atau Malam

Lilin/malam yang masih padat
Lilin/malam yang masih padat

Lilin atau malam adalah bahan utama dalam membatik setelah kain, lilin tersebut dimasukkan ke dalam wajan lalu dipanaskan hingga menjadi cair sebelum akhirnya digambarkan pada kain yang telah digambar motif batik sebelumnya.

Kompor dan Wajan

kompor dan wajan, alat untuk mecairkan lilin atau malam
kompor dan wajan, alat untuk mecairkan lilin atau malam

Kompor dan wajan adalah alat yang digunakan utuk mencairkan malam, biasanya jaraknya tidak jauh dari pembuat batik. Hal tersebut dilakukan agar lebih mudah pada saat mengambil cairan lilin tersebut. Saat ini, bahan bakar kompor menggunakan gas sebagai pengganti minyak tanah yang dulu sering digunakan.

Zat pewarna

Zat pewarna adalah zat kimia untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Terdapat beberpa jenis zat pewarna yang digunakan dalam membuat batik tulis. Tetapi, masih ada pembuat batik tulis yang masih menggunakan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan, biasanya untuk warna hijau, coklat, dan merah.

Dingklik

Dingklik terbuat dari kayu yang merupakan tempat duduk pembatik saat melakukan pembatikan. Tinggi dan lebar dingklik disesuaikan dengan kenyamanan si pembuat batik tersebut.

Taplak

Taplak digunakan pembuat batik sebagai alas agar lilin panas yang menetes tidak langsung mengenai bagian tubuh, terutama paha. Alas tersebut diletakkan di atas paha pembatik.

Sekarang kamu sudah tahu kan kalau untuk memperoleh batik tulis yang indah diperlukan bahan dan alat, serta proses pembuatan yang tidak mudah. Pembuatan batik ini biasanya berlangsung seminggu sampai sebulan, bergantung pada jenis kain, motif batik, dan pannjang kainnya. Yuk kita suarakan budaya batik yang indah ini!

Advertisements

2 Replies to “Senjata di Balik Mendunianya Batik”

  1. Pretty section of content. I just stumbled
    upon your blog and in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed
    account your blog posts. Anyway I will be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently quickly.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s