Katagori Fotografi untuk Pemula

Gambar

Digital dan teknologi terus berkembang, salah satunya dalam dunia fotografi. Dengan adanya digitlisasi pada kamera, maka setiap orang bisa dengan mudah mengabadikan berbagai momen ke dalam bentuk foto. Tidak perlu lama lagi menunggu, mencuci cetak hasil foto, karena kita tinggal mengambil foto secara otomatis dan melihat hasilnya melalui layar kamera. Untuk fotografer pemula, kita bisa mencoba beberapa katagori fotografi berikut ini :

Abstrak

abstrak-foto

Foto abstrak adalah foto yang mengutamakan keindahan komposisi gambar, seperti permainan warna dan bentuk, tekstur, dan elemen-elemen grafis.

Arsitektur

Gambar

Objek foto yang dibidik dalam katagori fotografi ini adalah keindahan sebuah bangunan yang dibuat oleh hasil tangan manusia, seperti gedung, jembatan, dan arsitektur lainnya.

Budaya

Gambar

Objek foto budaya bisanya mengambil gambar dengan tema-tema yang menampilkan aktivitas budaya tradisional, kontemporer, dan modern, seperti halnya tari-tarian tradisional maupun modern, tradisi lokal, dan festival budaya.

Fashion

Gambar

Foto fashion adalah hasil foto yang menampilkan situasi fashion, baik yang pakaian, aksesoris, maupun hal lain yang digunakan oleh model. Foto ini diambil secara khusus dengan menggunakan model, atau bisa juga ditampilkan dalam bentuk peragaan busana yang dilakukan di ruangan terbuka ataupun tertutup. Foto dengan katagori ini bisa juga menjadi sebuah foto komersil.

Jurnalistik

Gambar

Foto-foto yang diambil untuk merekam sebuah peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti kecelakan, bencana alam, kemacetan dan masih banyak lagi disebut juga dengan fotografi jusrnalistik. Foto ini biasanya digunakan untuk kebutuhan berita.

Landscape

Gambar

Foto-foto yang diambil untuk katagori ini lebih menonjolkan pemandangan alam dengan unsur-unsur alam tak hidup seperti tanah, air, langit, atau mengombinasikan ketiganya.

Makro

Gambar

Jenis kategori makro lebih menonjolkan detail yang tajam. Biasanya membingkai sebuah objek dengan pembesaran 1;2 atau 1;1, seperti serangga, tetes embun, kelopak bunga, dan lain sebagainya.

Manusia

Gambar

Human Interest adalah katagori foto yang menampilkan objek foto berupa manusia, baik secara individual maupun kelompok dan lebih menonjolkan pada ekspresi dari objek tersebut.

Nature

Gambar

Katagori fotografi yang satu ini berkaitan dengan landscape, namun untuk kategori nature lebih menampilkan objek foto alam dalam bentuk makhluk hidup atau fenomena alam seperti halnya kehidupan binatang liar, berseta tumbuhan yang hidup dalam habitatnya.

Panggung

Gambar

Ini adalah foto yang mengabil aktivitas manusia di atas panggung, seperti band, teater, tari, dan lain sebagainya.

Still life

Gambar

Stlill life adalah kategori foto dengan objek benda tak bergerak yang dirancang khusus untuk membentuk sebuah komposisi yang indah, seperti halnya karya-karya seni lukis atau patung. Belajar fotografi, yuk!

Advertisements

2 Replies to “Katagori Fotografi untuk Pemula”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s