7 Langkah Mudah Belajar Mobile Photography

Gambar

Sekarang ini, memotret berbagai hal dan momen penting dengan menggunakan kamera ponsel sepertinya bukan hal yang asing lagi. Apalagi, hamper setiap ponsel sekarang ini sudah memiliki fitur dan aplikasi memotret yang terbilang oke. Tapi, untuk memaksimalkan hasilnya, kamu juga perlu tahu bagaimana menggunakan aplikasi dan fitur yang ada di dalam ponsel atau smartphone-mu!

Pelajari Software Kamera

Setiap pabrikan ponsel memiliki software kamera masing-masing sehingga meskipun memiliki sistem operasi yang sama, tapi kostumisasi kameranya bisa saja berbeda. Software ini berkaitan erat dengan flash, fitur HDR, Multishot, dan sebagainya. Pelajari hal-hal tersebut agar kamu bisa memaksimalisasi hasil jepretanmu.

Pelajari Komposisi

Beberapa kamera yang terdapat di smartphone biasanya menampilkan grid agar pengguna bisa mengetahui komposisi yang baik pada saat pengambilan gambar. Hal ini tidak hanya berpengaruh terhadap hasil foto yang maksimal, tapi bisa juga menampilkan keindahan atau estetika fotografimu. Untuk itu, tempatkanlah objek fotografimu pada salah satu titik perpotongan agar dapat menghasilkan komposisi foto yang bagus dan enak dipandang.

Cari Tahu Arah Cahaya

Saat hendak mengambil foto atau gambar dengan menggunakan kamera ponsel, cari tahu arah datangnya cahaya sehingga kemungkinan cahaya memantul, menghalangi objek, atau justru menambah keindahan foto bisa dimaksimalisasi dengan baik.

Jangan Bergerak

Saat mengambil foto dengan menggunakan kamera ponsel, hindari gerakan yang terlalu cepat atau terlalu sering. Hal ini dilakukan agar hasil fotografi bisa terlihat jelas dan sempurna, apalagi jika dukungan cahaya kurang memadai.

Pakai Resolusi Tertinggi

Menggunakan resolusi paling tinggi yang bisa diambil oleh kamera ponsel akan menjadikan hasilnya lebih baik dibandingkanjika resolusinya lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan menangkap gambar pada resolusi yang tinggi akan semakin baik dibandingkan jika resolusinya rendah. Gambar dengan tingkat resolusi yang rendah biasanya akan memunculkan hasil gambar yang pecah saat di-zoom.

Jangan Pakai Zoom

Untuk memaksimalkan hasil fotografi dengan menggunakan ponsel, sebaiknya hindari menggunakan zoom saat pengambilan foto karena hal ini akan memungkinkan hasil gambar menjadi pecah.

Edit Foto

Meskipun cara ini jarang dilakukan oleh fotografer professional, namun kamu bisa menggunakannya untuk mengetahui sejauh mana foto hasil jepretanmu bisa diedit seminim mungkin.

Advertisements

4 Replies to “7 Langkah Mudah Belajar Mobile Photography”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s