6 Hal yang Harus Dihindari Agar Bisa Bahagia

Gambar

Orang bahagia tentu melakukan banyak hal, seperti menghabiskan waktu dengan berbagai hal positif, mengungkapkan rasa terima kasih, mengembangkan sikap yang optimis, berbuat kebaikan, memelihara hubungan yang baik dengan sesama, berkomitmen untuk suatu tujuan yang berarti, menikmati berbagai kesenangan kecil dalam kehidupan, dan lain sebagainya. Tapi, ada 6 hal yang tidak pernah dilakukan oleh orang yang bahagia, yaitu :

1. Enggak Kepo

Banyak dari kita yang berusaha untuk menyelidiki kehidupan orang lain, melihat kelakukan mereka dan mengejeknya, iri terhadap berbagai kelebihan yang mereka punya, ingin mengetahui apa yang mereka miliki dan lakukan, dan banyak hal lagi yang memang cenderung “kepo”.

Meskipun orang bahagia suka menonton gosip, tapi mereka tidak pernah menganggap penting urusan orang lain sehingga “kepo” merupakan hal yang pertama harus dihindari supaya bisa jadi orang yang bahagia. So, apa kamu masih suka kepo-in orang? Stop it!

2. Cari Kesalahan Orang

Banyak orang yang sering tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik sehingga pada saat ia merasa tidak memiliki apa yang orang lain miliki, ia justru mencari kesalahan orang lain agar mereka yang dicemburui terlihat lemah dan punya banyak kekurangan.

Hal kedua ini harus dihindari kalau kamu ingin jadi orang yang bahagia. Jika kamu melihat kelebihan seseorang, maka belajarlah darinya dan kembangkan potensi diri yang sudah ada agar bisa menjadi apa yang kamu inginkan. So, berhentilah mencari-vari kesalahan orang lain jika kamu ingin bahagia!

3. Terlalu Mengandalkan Orang Lain

Kalau kamu ingin jadi orang yang bahagia, percayalah bahwa kebahagiaan datangnya dari dalam hati bukan dari apa yang orang lain perbuat untuk kamu. Jadi, lupakan bagaimana orang lain memperlakukanmu sesuai dengan apa yang kamu harapkan dan lakukan berbagai hal sebaik mungkin untuk kebahagiaanmu sendiri!

4. Kemarahan

Menyakiti dan disakiti adalah hal yang pasti terjadi pada setiap manusia. Tapi, hanya orang bahagia yang tidak berpegang kepada kemarahan saat ia merasakan sakit hati. Orang yang bahagia tahu bahwa kebahagiaan datang dari dalam pikiran dan hati sendiri, jadi lupakan kemarahan saat seseorang menyakitimu, dan bahagialah!

5. Menghabiskan Waktu untuk Sesuatu yang Buruk

Orang bahagia tahu bahwa sesuatu yang buruk bukan hal yang bisa bikin dirinya bahagia. Itulah sebabnya, orang bahagia tidak akan menghabiskan waktunya untuk sesuatu yang buruk, yang tidak berguna, dan hal lain yang dianggap tidak akan membuat kehidupannya menjadi berarti.

6. Menolak Kebenaran

Kebenaran tidak akan mudah untuk dibuktikan dan dilakukan jika seseorang masih tidak bisa menerima kebenaran. Oleh sebab itu, terimalah berbagai hal yang benar-benar dirasakan sebagai sesuatu yang baik dan tidak bertentangan dengan hati nuranimu agar kamu bisa bahagia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s