Traveller Creativity : dari Sampah jadi Berkah!

Travelling fairyandfunny kali ini akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat banget, bukan cuma buat kehidupan manusia, tapi juga buat kehidupan makhluk lainnya. Traveller sejati tentu gak mau kan kalo kehilangan objek wisata cuma karena di tahun-tahun mendatang, objek wisata itu sudah tidak ada karena kerusakan yang diakibatkan oleh manusia itu sendiri. Untuk itu, yuk kita bikin sampah jadi berkah ketika kamu melakukan travelling ke mana pun.

1. Bikin Lubang Biopori

Image
Sumber foto : http://www.villahutanjati.com/photo.php?id=en

Lubang biopori adalah lubang dari permukaan tanah yang sengaja digali untuk menyimpan sampah dapur sehingga mikroorganisme yang terdapat di dalam tanah tersebut bisa memakan habis sampah yang kita bikin. Jadi, jangan pernah menyatukan sampah dapur dengan sampah lainnya karena hal itu tuh yang bikin sampah jadi bertumpuk dan bau!

2. Bawa Kantong Hijau

Image
Sumber foto : http://miraclekidx.blogspot.com/2013/04/waspada-penggunaan-kantong-plastik.html

Kantong hijau ini berfungsi untuk menghindari atau meminimalisasi penggunaan bahan plastik sehingga kamu gak perlu buang-buang plastik lagi dan bisa mengepak barang sesuai dengan kebutuhan. Usahakan supaya kamu memasukkan benda-benda yang dibutuhkan dan menatanya dengan baik di dalam kantong ‘hijau’ supaya gak ada lagi ‘keresek’ dan plastik bertebaran di pegunungan atau di tempat wisata yang kamu kunjungi.

3. Sapu Alam

ImageSelain tidak membuang sampah sembarangan, kamu juga bisa melakukan aksi sapu gunung, sapu pantai, atau sapu alam sehingga tempat wisata yang kamu kunjungi bisa bersih saat kamu kembali pulang. Bisa jadi juga hal itu akan dilakukan oleh beberapa wisatawan lain yang melihat aksimu. So, do the best biar sampah jadi berkah Guys!

Advertisements

5 Replies to “Traveller Creativity : dari Sampah jadi Berkah!”

    1. Kalo mau bukti nyata, ya harus dimulai dari diri sendiri. Kalo gue, sih udah mulai membiasakan diri untuk bikin lubang biopori di rumah; mulai jajan tapi gak minta plastik sama yang jual; mulai memisahkan mana sampah dapur dan mana sampah yang lain; dan sekarang lagi proses buat bisa mengolah sampah yang habis gue pakai jadi sesuatu yang berguna. Kalo lo mau bukti nyata, yuk kita bareng-bareng buat membuktikan itu! Gue yakin, dengan niat yang baik kita bisa mewujudkannya, meskipun mungkin agak susah karena gak ada support dari sekeliling kita. But we have to do it the best!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s